Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan di Hari Ulang Tahun Kelahiran

Renungan Ulang Tahun Kelahiran - Selamat ulang tahun semoga panjang umur … ucapan ini sering kali terucap pada saat bertepatan dengan hari ulang tahun atau hari kelahiran kita. 

Umur kita milik Allah, berapa lama lagi umur kita? Hanya Allah yang maha mengetahui.  Hari ulang tahun atau hari kelahiran sesungguhnya adalah hari perhitungan waktu setahun menjauh dari batas kelahiran kita dan setahun mendekat batas akhir kita yang disediakan Allah untuk kita yakni …. KEMATIAN

Semua sudah ditentukan Allah kapan kita akan mati dan semua itu sudah tertulis di Lauh Mahfuz. Panjang umur yang  sebenarnya adalah pemanfaatan waktu dalam ketaatan kita kepada sang pencipta, ketaatan dalam beribadah, ketaatan dalam menjauhi larangan – larangannya.

Biasanya saat hari ulang tahun tiba sering kali kita rayakan dengan sebuah acara pesta ulang tahun yang megah dan meriah, badahal secara tidak sadar kita telah merayakan berkurangnya jatah umur kita. Untuk itu marilah di hari ulang tahun kita jadikan sebagai moment  Renungan Ulang Tahun Kelahiran atas sisa usia yang kita miliki.

Jadikanlah moment ulang tahun ini untuk introspeksi diri, muhasabah dengan apa yang sudah selama ini kita perbuat serta perbanyaklah istighfar atas dosa dan kesalahan yang selama ini kita perbuat. Untuk itu paculah disaat umur kita semakin bertambah untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Pastilah banyak penyesalan – penyesalan yang kita ulas dari perjalanan hidup kita saat dulu. Untuk itu perbaiki lah masa lalu kita dengan perbaikan di masa kini dan masa depan. Semoga semua macam keburukan, dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan di masa lalu dapat meredam untuk tidak terulang kembali sebagai wujud kesungguhan taubatan nasuha kita.

Untuk itu perbanyaklah beristighfar untuk meredamkannya, dan perbanyakkah Zikrullah untuk mengisi sisa waktu yang kita miliki. Memang saat ini sudah kita lalui setengah waktu lamanya atau mungkin waktu itu menjadi waktu yang terkhir untuk kita hidup, Allahualam … hanya Allah SWT yang menggenggam waktu kita Yang Maha Mengetahui.

Semua manusia pasti punya aib, berterima kasih lah kepada Allah karna Allah telah menutupi aib kita. Hindarilah waktu kita yang sedikit ini untuk mencela orang dan mencari keburukan orang lain.
Baca juga : Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun yang Lainnya
Untuk itu bersyukur lah kepada Allah SWT karena di hari ulang tahun kita masih bisa menghirup udara segar dan masih bisa diberi kenikmatan melihat indahnya alam semesta serta nikmat sehat, nikmat keselamatan, dan nikmat kebahagiaan.

Demikian Renunangan Ulang Tahun Kelahiran yang bisa kami berikan semoga moment hari ulang tahun menjadikan kita lebih khusuk . Dan semoga  kita semua menjadi hamba Allah yang bisa memanfaatkan waktu yang sedikit ini dengan baik agar kita dapat meraih kebahagiaan di waktu yang kekal kelak. Amin..Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.